Langsung ke konten utama

APA SIH ITU SKS, IP, dan IPK ? #MabaGuide


APA SIH ITU SKS, IP, dan IPK ? #MabaGuide
SKS (Satuan Kredit Semester)
      Satuan Kredit Semester atau yang biasa disingkat sebagai SKS adalah suatu bobot yang diambil dari masing-masing mata kuliah. Tiap-tiap mata kuliah memiliki satuan yang berbeda. Ada yang 1,2,3 bahkan sampai 6 SKS. Semakin banyak SKS yang diambil maka akan semakin banyak juga beban yang akan kamu tempuh.

IP (Indeks Prestasi)
     
Indeks Prestasi atau yang biasa disebut sebagai IP adalah suatu Nilai/Mutu yang kamu peroleh dari proses belajar setiap mata kuliah. Biasanya IP dinyatakan dalam bentuk huruf (A,B,C,D,E).
      Pada umumnya, bobot yang ada pada IPK adalah sebagai berikut :

IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)
     
IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif adalah jumlah keseluruhan IP yang dibagi dengan jumlah sks/mata kuliah yag diambil. Ada beberapa jenis IPK yakni IPK Utama, IPK lokal, serta IPK Total.
      IPK Utama ialah rata-rata dari jumlah IP dari mata kuliah utama yang kamu ambil di jurusan kamu (contoh : Mata kuliah utama Teknik industri adalah Pengantar Teknik Industri). IPK Lokal ialah rata-rata dari jumlah IP dari seluruh mata kuliah yang kamu ambil selain mata kuliah utama. Sedangkan IPK Total ialah rata-rata dari jumlah IP keseluruhan tanpa terkecuali
Contoh :
KETERANGAN :
Jenis = W adalah mata kuliah Wajib, U adalah mata kuliah Utama.
SKS = Jumlah SKS yang diambil dari tiap mata Kuliah
Nilai = Variabel huruf sesuai dengan table yang ada diatas
Mutu = Bobot Nilai dikalikan dengan jumlah SKS
IPK Total = Total mutu/Total SKS
IPK Utama = Total mutu matkul Utama/Total SKS
IPK Lokal = Total mutu matkul Wajib/Total SKS

      Nah, dari penjelasan diatas apa teman-teman sudah cukup mengerti? Kalau belum silahkan tanya di kolom komentar atau chat ke Instagram aku Instagram.com/miavirginia. Terima kasih sudah membaca artikel ini ().

Komentar