Langsung ke konten utama

Tugas Ilmu Sosial Dasar 2 : "Pertumbuhan Penduduk dan Usia Produktif"

TUGAS ILMU SOSIAL DASAR 2 :
"PERTUMBUHAN PENDUDUK
& USIA PRODUKTIF"


DISUSUN OLEH :
Maria Virginia Mersundy
33419548
1ID02


UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI
TEKNIK INDUSTRI
2019/2020


KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan YME karena telah memberikan saya rahmat serta kesehatan untuk menyelesaikan makalah yang berjudul “Pertumbuhan Penduduk” ini dengan baik.
Makalah ini saya buat dengan tujuan untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh Ibu Ratna Susilowati pada mata kuliah Ilmu Sosial Dasar. Selain itu, makalah ini juga saya buat untuk mengedukasi pembaca mengenai pertumbuhan penduduk yang begitu pesat di masa ini.
Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membagi sebagian pengetahuannya sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini.
Saya menyadari, makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.


DAFTAR ISI
Kata Pengantar
Daftar isi
Bab I : Pembahasan
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1.3 Tujuan
1.4 Manfaat
Bab II : Tinjauan Pustaka
2.1 Pengertian Pertumbuhan Penduduk
2.2 Faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk di Indonesia
2.3 Usia Produktif
2.4 Yang harus dilakukan pada Usia Produktif untuk bangsa, lingkungan dan masyarakat

Bab III : Penutup
3.1 Kesimpulan
3.2 Saran
Daftar Pustaka


BAB I : PEMBAHASAN
1. Latar Belakang
   Dewasa ini, banyak sekali geejala sosial yang kita alami. Salah satunya ialah Pertumbuhan Penduduk yang sangat pesat dan telah diprediksi akan menyebabkan bonus demografi di masa mendatang. Maka dari itu kita harus mengetahui akar gejala ini, apa saja faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk, serta apa saja yang harus dilakukan para generasi bangsa yang berada di usia produktif untuk bangsa, lingkungan dan masyarakat sekitar.

2. Rumusan Masalah
  • Apa saja Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk di Indonesia?
  • Apa yang harus dilakukan generasi bangsa dengan usia produktif bagi bangsa, lingkungan, dan masyarakat?
3. Tujuan
  • Memahami Definisi dari Pertumbuhan Penduduk dan Usia Produktif
  • Mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk di Indonesia
  • Memahami apa yang harus dilakukan generasi bangsa dengan usia produktif bagi bangsa, lingkungan, dan masyarakat
4. Manfaat
    Pembaca memahami banyak hal tentang pertumbuhan penduduk dan usia produktif.

BAB II : TINJAUAN PUSTAKA

1. Pengertian Pertumbuhan Penduduk
Pertumbuhan Penduduk ialah suatu perubahan populasi sewaktu-waktu, dan bisa dihitung sebagai perubahan dalam jumlah individu dalam sebuah populasi memakai “per waktu unit” untuk pengukuran. Sebutan pertumbuhan penduduk merujuk pada semua spesies, tapi selalu mengarah pada manusia, dan sering dipakai secara informal untuk sebutan demografi nilai pertumbuhan penduduk, dan dipakai untuk merujuk pada pertumbuhan penduduk dunia.

2. Faktor yang mempengaruhi Pertumbuhan Penduduk di Indonesia
A. Kematian (mortalitas)
Kematian adalah hilangnya tanda-tanda manusia hidup. Hal ini biasanya dipicu oleh faktor usia,lingkungan, tempat tinggal atau tidak adanya sarana pendukung (seperti makanan,kebersihan, kesehatan). Kematian mempengaruhi tingkat pertumbuhan penduduk. Jika tingkat kematian tinggi, maka kemungkinan besar tingkat pertumbuhan penduduk akan menurun, begitupun sebaliknya.

B. Kelahiran (fertilitas)
Kelahiran merupakan faktor yang memicu pesatnya kenaikan angka pertumbuhan penduduk di dunia. Apabila tingkat kelahiran tinggi, maka angka pertumbuhan penduduk juga tinggi, begitupun sebaliknya.

1.) Faktor pendukung kelahiran (pro natalitas)
Kawin pada usia muda, karna ada anggapan bila terlambat kawin maka keluarga akan malu. Anak dianggap sebagai sumber tenaga keluarga untuk membantu orang tua. Anggapan bahwa banyak anak banyak rejeki dan anak menjadi kebanggaan bagi orang tua.

2.) Faktor penghambat kelahiran (anti natralitas)
Ada program keluaga berencana yang mengupayakan pembatasan jumlah anak, adanya ketentuan batas usia menikah, untuk wanita minimal berusia 16 tahun dan bagi laki-laki minimal berusia 19 tahun. Adanya pembatasan bagi pegawai negeri  yaitu hanya diperbolehkan punya 2 anak. Penundaan kawin sampai selesai pendidikan dan sampai memperoleh pekerjaan.

3.) Migrasi
Secara umum, migrasi diartikan sebagai suatu perpindahan penduduk dari satu daerah ke daerah yang lain yang hal ini di lakukan bertujuan untuk tinggal di daerah yang baru tersebut. Migrasi bisa bersifat menetap sementara atau pun permanen. Urbanisasi juga termasuk contoh dari migrasi. Hal ini bisa dipicu oleh banyak hal, baik faktor Pendidikan, keamanan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

3. Usia Produktif
   Usia produktif adalah saat dimana seseorang masih mampu bekerja secara maksimal dan masih bisa terus mengembangkan usaha untuk memenuhi kebutuhan hidup pribadi maupun banyak orang. Usia produktif di Indonesia berada pada kisaran usia 15-64 tahun. Berdasarkan proyeksi penduduk 2015-2045 hasil Survei Penduduk Antar Sensus (Supas) 2015, jumlah penduduk Indonesia akan mencapai 269,6 juta jiwa pada 2020. Angka tersebut terdiri atas 135,34 juta jiwa laki-laki dan 134,27 jiwa perempuan.

4. Yang harus dilakukan pada Usia Produktif untuk bangsa, lingkungan dan masyarakat
Untuk Bangsa :
  • Turut berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan
  • Turut berpartisipasi dalam lomba-lomba tingkat nasional maupun internasional
  • Berprestasi
  • Berinovasi dan mengikuti perkembangan jaman
  • Ikut serta dalam kegiatan berdemokrasi
  • Memperkenalkan budaya dan pariwisata bangsa kepada dunia Internasional
Untuk Lingkungan :
  • Menjaga lingkungan
  • Melestarikan kealamian lingkungan
  • Menanam pohon
  • Menjaga kebersihan
  • Berinovasi untuk mengurangi pencemaran lingkungan
Untuk Masyarakat :
  • Tidak menebar berita HOAX
  • Berpartisipasi dalam kegiatan yang menimbulkan solidaritas antar masyarakat
  • Mengedukasi orang-orang yang membutuhkan
  • Memberi wawasan dan ilmu pengetahuan untuk orang banyak
  • Menolong sesama yang membutuhkan bantuan
BAB 3 : PENUTUP
1. Kesimpulan
   Pertumbuhan penduduk dipicu oleh 3 faktor utama, yaitu kelahiran, kematian dan migrasi. Maka dri itu seiring dengan bertambahnya angka pertumbuhan pendudk yang didominasi oleh usia produktif kita harus berkontribusi bagibangsa, lingkungan dan masyarakat sekitar. Ada banyak cara yang bisa dilakukan.
2. Saran
Saya sebagai penulis menyadari, makalah yang saya tulis ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun akan saya nantikan demi kesempurnaan makalah ini.


DAFTAR PUSTAKA


Komentar

Postingan populer dari blog ini

APA SIH ITU SKS, IP, dan IPK ? #MabaGuide

APA SIH ITU SKS, IP, dan IPK ? #MabaGuide ♥ SKS (Satuan Kredit Semester)       Satuan Kredit Semester atau yang biasa disingkat sebagai SKS adalah suatu bobot yang diambil dari masing-masing mata kuliah. Tiap-tiap mata kuliah memiliki satuan yang berbeda. Ada yang 1,2,3 bahkan sampai 6 SKS. Semakin banyak SKS yang diambil maka akan semakin banyak juga beban yang akan kamu tempuh. ♥ IP (Indeks Prestasi)       Indeks Prestasi atau yang biasa disebut sebagai IP adalah suatu Nilai/Mutu yang kamu peroleh dari proses belajar setiap mata kuliah. Biasanya IP dinyatakan dalam bentuk huruf (A,B,C,D,E).       Pada umumnya, bobot yang ada pada IPK adalah sebagai berikut : ♥ IPK (Indeks Prestasi Kumulatif)       IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif adalah jumlah keseluruhan IP yang dibagi dengan jumlah sks/mata kuliah yag diambil. Ada beberapa jenis IPK yakni IPK Utama, IPK lokal, serta IPK Total.       IPK Utama ialah rata-rata dari jumlah IP dari mata kuliah utama yang k